Token listrik ga asing ditelinga, tapi masih ga ngerti kegunaannya


yang pasti, hidup di 2019 pasti tidak asing dengan yang namanya listrik. setiap waktu, penggunaan listrik selalu dibutuhkan seperti penggunaan handphone, kipas angin, menghidupkan lampu dan seabrek penggunaan lain. karena itu, hidup dijaman ini sudah pasti tidak jauh-jauh yang namanya listrik.
bicara listrik, kita pasti ga asing juga dengan yang namanya token listrik. ya, karena istilah ini sudah mulai muncul sekitar tahun ... yang dikeluarkan oleh pln. masalahnya, apa sih token listrik? sudah lama tau tapi masih belum ngerti bener kegunaannya buat apa? jika itu terjadi pada kamu, berarti kita sama :".

Token listrik adalah nominal satuan pembayaran yang terdiri dari 20 digit kode angka dan hanya digunakan untuk mengisi ulang listrik pra bayar PLN. ya, contoh gampangnya ialah seperti membeli pulsa untuk sms/telfon. sebelum sms/telfon, tentunya harus diisi pulsanya dulu bukan? jika sudah mempunyai saldo pulsa, baru deh kita bisa gunain unnuk sms/ telfon. nah, alur ini yang digunakan untuk pembelian token listrik. sudah paham kan sekarang?

kalo dirasa, pakai token listrik ini juga bisa melakukan penghematan juga. karena apa? karena kita bisa nentuin mau seberapa besar gunain listrik dengan nominal yang tentu kita tentukan sendiri. misal niih ya, kita punya budget 100 ribu, ya kita bisa beli yang kisaran 100 ribu juga. 

beda ceritanya jika pakai cara pembayaran yang lama, kita tidak bisa mengetahui secara pasti dan detail besaran pembayaran yang akan dikeluarkan untuk bayar token listrik. kita hanya bisa mengira-ngira saja dilihat dari apa yang kita gunain selama sebulan ini. bisa juga lebih kecil tapi tidak menutup kemungkinan lebih besar. nah, kalau sudah begini (lebih besa) kan bisa bikin panik kan ya :D 

Oke setelah pada beralih pakai token listrik, muncul  pertanyaan begini " mengapa tidak bisa membeli token listrik pada malam hari (jam 11 malam - jam 1 pagi)

jawabannya simpel, karena pln tidak mengizinkan pembelian token listrik pada jam tersebut (23.00 - 01.00). kenapa ga diijinkan? karena pada jam 23.00 - 01.00 server PLN sedang offline, sehingga pada jam tersebut kita tidak bisa membeli token listrik. oke, sekian dulu blog tekan token listrik. akan saya sambung lagi besok biar makin tau serba-serbi kelistrikan. salam setrum :D



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya-jawab singkat seputar indihome